APA PERBEDAAN ANTARA MIKROFILTRASI, ULTRAFILTRASI DAN NANOFILTRASI?

Perbedaan utama antara mikrofiltrasi, nanofiltrasi dan ultrafiltrasi adalah ukuran pori membran. Dengan setiap proses penyaringan yang berbeda, berbagai elemen dapat tersumbat atau dilewatkan bersama air. Di bawah ini adalah diagram untuk menunjukkan hal ini.

Reverse osmosis adalah satu-satunya prosedur penyaringan air untuk menghilangkan semua elemen sepenuhnya, hanya menyisakan air murni, terbukti populer di sektor farmasi

Setiap proses filtrasi memiliki prosedur yang sama, air melewati membran semipermeabel, tergantung pada ukuran pori elemen tertentu akan dibuang sementara yang lain melewatinya.

Proses filtrasi yang benar dipilih secara spesifik untuk masalah air Anda.

Apa itu Mikrofiltrasi (MF)?

Mikrofiltrasi adalah proses menghilangkan secara fisik padatan tersuspensi dari air, melalui membran. Mikrofiltrasi sering digunakan bersamaan dengan proses pemisahan lain seperti ultrafiltrasi dan reverse osmosis.

Filter yang digunakan dalam mikrofiltrasi memiliki ukuran pori sekitar 0,1 mikron (kecil). Bakteri dan padatan tersuspensi adalah satu-satunya elemen yang dapat dihilangkan melalui mikrofiltrasi.

Penggunaan tipikal untuk sistem ultrafiltrasi dapat berupa:

– Perawatan awal untuk proses pengolahan air lainnya

– Jenis pengolahan limbah tertentu

– Aplikasi pemisahan oli dan air tertentu

– Mengolah air limbah

– Mensterilkan minuman dan obat-obatan tanpa mengorbankan rasa

– Memproses produk susu sambil membiarkan protein masuk

Apa itu Ultrafiltrasi (UF)?

Ultrafiltrasi memblokir semua mikrofiltrasi dengan tambahan virus, membutuhkan tekanan yang sedikit lebih tinggi untuk mencapai ini.

Meskipun membutuhkan tekanan yang lebih tinggi daripada MF, ultrafiltrasi dapat didukung oleh tekanan yang Anda dapatkan dari keran, menjadikannya populer di sektor komersial untuk air minum.

Ia bekerja dengan cara yang sama seperti MF dimana cairan yang terkontaminasi melewati membran yang terlalu besar untuk masuk melalui ukuran pori membran, menghasilkan aliran cairan yang dimurnikan. Filter ultrafiltrasi memiliki ukuran pori sekitar 0,01 mikron (lebih kecil).

UF dapat digunakan dalam proses berikut:

  • Mengolah air limbah
  • Memusatkan protein
  • Pemisahan proses kimiawi
  • Memisahkan emulsi minyak / air
  • Menghilangkan patogen dari susu
  • Memperjelas jus buah

Apa Nanofiltrasi (NF)?

Membran nanofiltrasi biasanya menghilangkan 50% – 90% ion monovalen seperti klorida atau natrium.

Desain dan pengoperasian filter yang digunakan dalam NF sangat mirip dengan reverse osmosis, dengan beberapa perbedaan. Mereka adalah membran yang tidak seketat membran RO dan diperlukan tekanan air umpan yang lebih rendah.

Filter nanofiltrasi memiliki ukuran pori kira-kira 0,001 mikron (terkecil).

Ini telah mencapai nama ‘membran pelunakan’ karena sering digunakan untuk menyaring air dengan jumlah total padatan terlarut yang rendah, untuk menghilangkan bahan organik dan untuk melembutkan air.

NF dapat digunakan dalam proses berikut:

  • Pengolahan air
  • Perawatan awal untuk RO
  • Farmasi
  • Tekstil
  • Toko Roti
  • Produk susu

Apa Perbedaan Antara Filtrasi Mikro, Nano, dan Ultra?

Pada akhirnya mereka semua melakukan pekerjaan yang sama tetapi menghilangkan elemen yang berbeda tergantung pada masalah air dan industri yang menggunakannya.

Ukuran pori membran semipermeabel yang digunakan adalah satu-satunya perbedaan utama antara mikrofiltrasi, nanofiltrasi, dan ultrafiltrasi.

Ukuran pori yang berbeda memungkinkan elemen yang berbeda diizinkan untuk dilewati, memberikan ketepatan tertinggi untuk menangani masalah air limbah Anda dengan benar dan aman bagi lingkungan.

Untuk menghilangkan semua kotoran secara bersamaan, reverse osmosis digunakan. Dengan regulasi yang lebih ketat, dan banyaknya keuntungan yang dimilikinya, RO menjadi semakin populer di sektor industri.

Kesimpulan

Bergantung pada masalah air Anda, mikrofiltrasi, ultrafiltrasi, dan nanofiltrasi dapat digunakan untuk memurnikan dan membantu Anda mengelola dan mengolah air limbah Anda.

Setiap masalah air ditangani secara terpisah dan sistem yang dipesan lebih dahulu dirancang dan dibangun untuk mencapai kualitas air yang ingin Anda capai untuk proses Anda.

Kombinasi lebih dari satu sistem adalah hal yang umum untuk mencapai kualitas air yang presisi dengan regulasi yang lebih ketat.

Langkah pertama untuk mencapai solusi air Anda adalah memahami masalah di dalam air Anda. Membracon menawarkan tes analisis air gratis untuk membantu Anda dalam proses ini, dikombinasikan dengan pengetahuan ahli untuk membantu dan memberi saran melalui proyek Anda.