Cara Merawat Tangki Air Agar Awet dan Tidak Berlumut

Tahukah anda bahwa tangki air tidak hanya perlu dikuras tapi perlu dirawat juga.

Cara merawat tangki air perlu diketahui setiap orang, baik pemilik usaha air minum maupun pengguna tangki air di perumahan. Sebab dengan mengetahui dan mempraktikkan cara ini, maka kualitas air akan bisa dipertahankan. Selain itu tangki juga lebih awet dan tidak berlumut.

Memang banyak orang yang terkadang malas membersihkan tangki atau tandon air di rumahnya. Sampai-sampai dari lumut yang menumpuk dalam tangki, hiduplah cacing tanah atau hewan lainnya. Tentu hal ini berpengaruh pada kualitas air yang dipakai sehari-hari terutama untuk yang masih menggunakan air minum masak. Karena itulah coba Anda lakukan beberapa cara berikut ini untuk perawatan tangki air.

Cara Merawat Tangki Air Dengan Baik dan Benar

1. Tentukan Jadwal Pengurasan

Meskipun sebenarnya agak ringan, namun menguras tangki air juga butuh waktu tepat. Terutama agar tidak mengganggu aktifitas MCK di rumah. Karena itu tentukanlah waktu khusus untuk membersihkan tangki air Anda.

Setidaknya toren atau tandon air dibersihkan antara 2 hingga 4 bulan sekali. Cara merawat tangki air dengan rutin seperti ini membuat tangki akan selalu terjaga kebersihannya. Sebab semakin lama tangki tidak dibersihkan maka semakin tebal pula kotoran yang mengendap di tandon air.

2. Perhatikan Penempatan Tandon Air Anda

Tips perawatan tangki air selanjutnya berkatian dengan tempat. Sebaiknya toren air ditempatkan pada lokasi yang terlindung. Biasanya tangki air memang diletakkan di tower dan tempat yang tinggi. Otomatis akan selalu terkena sinar matahari. Dari situlah maka lumut bisa tumbuh subur di dalam tangki.

Jadi, tips cara merawat tangki air kali ini, berilah pelindung tambahan untuk tangki air. Hal ini agar tangki tidak terkena sinar matahari langsung. Bisa dengan memberi atap pada tower,

3. Gunakan Tangki Air Anti Microbial

Ini dilakukan ketika awal pemasangan tangki air. Pilihlah merek yang terkenal memiliki keunggulan anti microbial. Tangki air jenis ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi ligthblock yang berfungsi meredam sinar matahari, sehingga bagian dalam tangki semakin terhindar dari lumut.

Demikian beberapa tips cara merawat tangki air agar awet dan bebas dari lumut. Kebersihan tangki air sangatlah perlu diperhatikan. Karena itu jangan malas untuk menguras dan menerapkan cara merawat toren seperti yang telah diungkapkan di atas.

“PERLAMBAT LUMUT TIMBUL DENGAN MEMBELI TANDON AIR DENGAN ANTI LUMUT, SEPERTI TANDON AIR AG.”

Sumber ; https://teknikdepok.com/2019/12/26/cara-merawat-tangki-air-agar-awet-dan-tidak-berlumut/